Ahli Furniture

20 Tahap Membuat Kursi Kayu Sederhana dan Simple

 

20 Tahap Membuat Kursi Kayu Sederhana dan Simple

20 Tahap Membuat Kursi Kayu Sederhana dan Simple - Membuat kursi kayu merupakan pekerjaan yang mudah jika kita mengetahui cara dan tahapan-tahapan dalam pengerjaannya.

Kursi merupakan salah satu furniture yang penting dalam desain interior dari sebuah ruangan. Selain karena fungsinya, bentuk dari kursi ini bisa mempengaruhi estetika dalam penataan ruang.

Pada umumnya, kursi adalah salah satu furniture yang mempunyai sandaran untuk penggunanya dan empat kaki untuk penopang tubuh penggunanya.

Namun dalam perkembangnnya kursi sudah banyak dimodifikasi, ada yang hanya berkaki tiga, ada yang tidak mempunya sandaran, dan lain sebagainya.

Dalam membuat kursi, anda harus memilih bahan dasar yang akan dijadikan kursi. Misalnya kayu, besi, dan lainnya.

Namun, kayu merupakan bahan yang mudah didapat dan mudah dibentuk. Disamping itu, kayu juga memilki harga yang ekonomis.

Dalam hal ini, kami sarankan anda memilih kayu jati belanda yang sudah dikenal dengan permukaanya yang halus, mudah dibentuk, tahan lama serta tanpa rongga dipermukaanya.

Rongga pada kayu merupakan pertanda bahwa kayu tersebut mudah patah, dan tidak tahan lama.

Setelah anda memilih kayu apa yang akan dijadikan bahan dasar kursi anda. Maka anda bisa mengikuti tahapan membuat kursi kayu sederhana dan simpel:

Bahan Utama:

  • Kayu Jati Belanda

Tahap Pembuatan:

  1. Pertama siapkan kayu jati belanda, dengan ukuran panjang 90 cm, lebar 7 cm dan tebal 2,2 cm sebanyak 4 buah. Lalu serut bagian permukaanya hingga halus.
  2. Belah kayu menjadi 2 bagian, dengan lebar masing-masing 7 cm.
  3. Setelah semua kayu dibelah menjadi 2 bagian, potong 4 buah kayu dengan ukuran panjang 55 cm.
  4. Lalu buat pola ukaran, sesuaikan dengan sudut yang akan dibentuk.
  5. Setelah pola sudah jadi, lalu potong kayu sesuai dengan ukuran pola. Bentuk pula sudut-sudutnya, dan pastikan bentuk sudutnya pas.Lakukan hal ini pada 2 sisa kayunya.
  6. Setelah semua kayu terbentuk dengan pas, lalu buat tanda untuk lubang skrup sebagai sambungan kayu. Jika semua kayu sudah ditandai lalu bor pada tanda-tanda tadi, kedalaman pengeboran hanya setah dari tebal kayu.
  7. Haluskan permukaan kayu dengan amplas halus, anda bisa menggunakan bantuan gerenda untuk menghaluskannya.
  8. Sambung kayu dengan menggunakan lem dan skrup kayu ukuran 5 cm. Lakukan hal yang sama, sampai semua kayu tersambung.
  9. Buat lubang skrup counter sink untuk menyambungkan kaki kursi. Setelah semua di bor, lalu sambungkan kaku kayu dengan menggunakan lem dan skrup kayu ukuran 5 cm.
  10. Setelah semua terpasang dengan baik, haluskan kembali kayu dengan amplas agar semua bagian rata.
  11. Ukur alas duduk kursi yang akan dibuat.
  12. Buat Pola ukuran pada papan kayu, dan potong papan kayu sesuai pola.
  13. Lubangi kaki kursi dengan bor, kedalaman bor hanya setengah kayu.
  14. Sambung alas kursi dengan kaki kursi menggunakan lem kayu dan skrup kayu ukuran 5 cm.
  15. Jika ingin memperindah alas kursi, kalian dapat membentuk pola setengah lingkaran di alas kursi tersebut, lalu potong sesuai pola.
  16. Haluskan semua permukaan kayu dengan amplas, dalam tahap ini anda bisa menggukan gerinda sebagai alat bantunya.
  17. Setelah semua permukaan halus, lalu dempul dibagian bekas skrup dan juga kayu yang cacat. Dan biarkan dempul mengering.
  18. Setelah dempul mengering, haluskan kembali permukaan kayu dengan menggunakan sander.
  19. Bersihkan kursi dari debu sisa amplasan kayu tadi.
  20. Setelah bersih cat kayu dengan Melamin, agar serat kayu tetap terliha. Dan biarkan mengering. Setelah mengering kursi kayu siap diguakan.

Itulah cara membuat kursi kayu sederhana dan simple. Anda dapat memperaktekan dan membuat kursi kayu sendiri. Untuk lebih jelasnya kami berikan Video Tahapan Membuat Kayu Sederhana dan Simple dibawah ini.


Posting Komentar