Ahli Furniture

5 Cara Berjualan di Shopee Untuk Pemula Agar Cepat Laku

5 Cara Berjualan di Shopee Untuk Pemula Agar Cepat Laku adalah 1. Meriset Pasar 2. Fokus Pada Satu Kategori 3. Tampil Beda 4. Kreatif 5. Berikan Promo
5 Cara Berjualan di Shopee Untuk Pemula Agar Cepat Laku

Cara Berjualan di Shopee Untuk Pemula - Mungkin Kalian sedang bingung karena sudah memposting atau mengupload barang di Shopee namun tidak juga datang pembeli.

Pada artikel ini, Kami akan memberikan solusi dari masalah Kalian itu dalam 5 tahapan cara berjualan di Shopee agar cepet laku.

Namun sebelum lanjut, Kami memberikan disclaimer. Bahwa cara ini tidak menjamin barang Kalian laku keras, namun dengan cara ini bisa memberikan sedikit peluang barang Kalian bisa terjual.

Ok, langsung saja ke 5 cara berjualan di shopee untuk Kalian yang masih pemula:

Meriset Pasar Shopee

Cara yang pertama sebelum Kalian berjualan di Marketplace Shopee adalah meriset pasar di Shopee itu sendiri. Kalian harus memahami saingan dari produk yang Kalian jual, harga pasaran atau harga umumnya berapa, seberapa banyak orang yang mencari produk Kalian dalam satu bulan.

Dengan meriset pasar, Kalian bisa menentukan harga yang pas dari produk yang Kalian jual. Bisa jadi selama ini Kalian menjual produk di Shopee dengan harga yang relatif terbilang mahal. Jadi besar kemungkinan barang Kalian tidak laku.

Apalagi Kalian tergolong baru di Shopee, sehingga Kalian belum memiliki reputasi. Tentu ini memberatkan Kalian dalam berjualan di marketplace tersebut.

Kalian juga harus mencari berapa banyak orang yang mencari produk yang Kalian jual dalam satu bulan. Agar Kalian bisa mengetahui barang Kalian masih dibutuhkan oleh pelanggan atau tidak. Jika produk Kalian masih banyak mencarinya, tentu produk Kalian memiliki daya beli.

Bisa jadi jika Kalian tidak merisetnya terlebih dahulu, barang Kalian tidak dicari pelanggan, sehingga tidak ada transaksi terhadap barang Kalian itu.

Untuk meriset pasar di Marketplace Kalian bisa menggunakan 3 cara ini:

Memperhatikan Iklan di Sosial Media.

Cara ini merupakan cara yang paling simple, karena Kalian hanya perlu memperhatikan iklan dari kompetitor Kalian saja.

Saat kompetitor mengiklan di Sosial Media, tentu mereka sudah merisetnya terlebih dahulu. Kalian bisa menggunakan data mereka untuk memilih produk yang akan Kalian jual di Marketplace.

Carilah Produk Baru Dari Supplier

Kalian bisa mencari produk terbuaru dari Supplier Kalian atau Supplier yang mirip dengan produk yang Kalian jual. Dengan memilih produk terbaru Kalian bisa mengurangi persaingan, sehingga besar kemungkinan Kalian menjual barang tersebut.

Cek di Jakartanotebook

Mengapa harus di Jakartanotebook? Toko yang satu ini merupakan toko online yang sering digunakan para pemain dropship, jadi data yang ada disana tentu kemungkinan besar falid.

Kalian bisa mencari barang terbaru disana, dan jika belum ada yang menjualnya, Kalian bisa menjualnya di toko marketplace Kalian dan sangat besar kemungkinan adanya transaksi.

Gunakan Google Trends

Cara terakhir adalah menggunakan layanan gratis Google, yaitu Google Trends. Dengan Google Trends ini Kalian bisa mendapatkan data terkait produk yang sedang trends.

Namun hasil yang ditampilkan tidak spesifik, jadi Kalian tetap harus menggabungkan cara ini dengan cara lainnya untuk mendapatkan barang yang lebih spesifik lagi.

Fokus Pada Satu Kategori Produk

Usahakan fokus pada satu produk, jangan menjual beraneka ragam kategori produk. Misalnya Kalian menjual Kacamata, maka fokus saja dulu pada kacamata itu. Jangan Kalian menjual makanan, pakaian dan lainnya dalam satu toko.

Ini berfungsi untuk membangun reputasi Kalian di Marketplace Shopee. Jika Kalian mencampur semua Kategori tentu saja akan mengurangi rasa kepercayaan pelanggan terhadap toko Kalian. Toko Kalian tidak memiliki kredibilitas jika mencampur keseluruhan produk dalam satu toko.

Berusaha Kreatif dan Tampil Beda

Yang Kami maksud dengan tampil beda adalah tampilkan foto produk yang berbeda dari yang lain. Misalnya pesaing Kalian menggunakan foto kacamata yang ditaruh dimeja, maka Kalian bisa menfoto produk Kacamata yang digunakan oleh model.

Mengapa foto menadi penting? Karena foto merupakan ujung tombak agar pelanggan mau mengunjungi toko Kalian. Dengan menampilkan foto yang berbeda, tentu membuat semakin besar peluang toko Kalian dikunjungi oleh pelanggan Kalian.

Penjulan tentu terjadi karena adanya trafik pengunjung. Dengan cara ini Kalian bisa mendatangkan trafik dan kemungkinan besar juga akan terjadi transaksi.

Dan usahakan Kalian kreatif dalam mendekorasi toko Kalian dimarketplace. Usahakan mengupload 50 produk dan jika memungkinkan buatlah videonya.

Berikan Promo

Kalian bisa berikan promo berupa potongan harga atau persentase diskon. Karena pada dasarnya diskon bisa menarik peminat konsumen Kalian.

Namun Kalian harus memberikan diskon yang jujur dan wajar. Contohnya, jika harga beli Rp. 9.000 dan Kalian mengambil untung Rp. 1.000, maka Kalian bisa memberikan diskon 10%.

Setelah mendapatkan reputasi dan kepercayaan pembeli, Kalian bisa menghapus diskon itu secara bertahap dan mengambil untuk sepenuhnya.

Selain diskon Kalian juga bisa menambahkan voucher dari toko Kalian. Untuk juga bisa menarik pelanggan untuk membeli produk Kalian. 

Beriklan Di Shopee

Setelah Kalian meriset pasar, lalu memberikan tampilan yang berbeda, dan memberikan banyak promo. Langkah selanjutnya adalah dengan beriklan.

Mengapa harus beriklan? Karena jika Kalian tidak beriklan, produk Kalian mungkin berada dibawah. Tentu ini akan menyulitkan produk Kalian dilihat oleh pelanggan.

Dengan beriklan, secara langsung akan menaikan produk Kalian ke atas. Dan tentu ini bisa membuat produk dan toko Kalian dapat dilihat pelanggan. Secara tidak langsung bisa mendatangkan trafik ke toko Kalian. 

Sebelum memasang iklan di Shopee, Kalian harus menyiapkan beberapa persiapan. Diantaranya:

Pola Pikir 

Untuk Kalian yang mau beriklan di Shopee, jangan terburu-buru untuk mengiklan. Kalian harus memahami strategi yang tepat untuk beriklan.

Perhatikan keyword atau kata kunci, carilah kata kunci yang sekiranya produk Kalian bisa bersaing disana. Jika Kalian salah memilih Kata Kunci, tentu saja iklan yang Kalian pasang akan percuma.

Konten

Konten yang dimaksud adalah foto produk, harga, deskripsi dan juga reputasi. Jika toko baru, tentu reputasi belum terbentuk. Kalian bisa menjual keteman ataupun sodara Kalian.

Kalian juga bisa memberikan diskon diawal Kalian jualan dengan harga yang lebih murah dari dropship Kalian. Setelah mendapatkan reputasi itu Kalian bisa naikan harga dan mengambil untung.

Tidak Mudah Menyerah

Ini hal yang sering diabaikan. Banyak dari para penjual yang gagal lalu menyerah. Ingat, keberhasilan diawali dari kegagalan. Jadi jika Kalian mengalami kegagalan. Berusahalah terus, cari tau salahnya dan memperbaikinya. Hingga Kalian bisa mendapatkan keberhasilan.

 

Itulah 5 Cara Berjualan di Shopee. Sekali lagi Kami tidak bisa menjamin cara yang Kami berikan berhasil. Karena semua itu tergantung usaha dan niat. Kunci dari kesuksesan adalah terus belajar dan berusaha.

Artikel ini tentu banyak memiliki kekurangan. Kalian bisa tambahkan di Kolom komentar. Dan jika ada krik dan saran serta pertayaan Kalian juga bisa menuliskan di Kolom Komentar. Terima Kasih dan Sukses Selalu.

Posting Komentar