Ahli Furniture

Apakah Yang Dimaksud Dengan Kata Kunci?

Apakah yang dimaksud dengan kata kunci? Kata Kunci atau Keyword adalah sebuah kata yang dicari atau ditelusuri oleh orang-orang pada search engine.
Apakah Yang Dimaksud Dengan Kata Kunci?

Apakah yang dimaksud dengan kata kunci? pertanyaan ini sering ditanyakan oleh Kalian yang baru mengenal dunia blogging, atau Kalian yang baru terjun didunia digital marketing.

Di artikel 10 Cara Mudah Memulai Bisnis Online Untuk Pemula sempat Kami sebutkan bahwa untuk meriset keyword adalah langkah penting dalam bisnis online.

Dalam artikel ini Kami akan membahas tentang apa itu Kata Kunci, Manfaat Riset Kata Kunci dan Cara Riset Kata Kunci. Berikut Artikel Lengkapnya:

Apakah Yang Dimaksud Dengan Kata Kunci?

Kata Kunci atau biasa dikenal dengan Keyword adalah sebuag Kata yang sering digunakan orang-orang untuk mencari atau menelusuri hal tertentu di mesin pencari atau Search Engine.

Misalnya Kalian akan mencari Kopi Tubruk, pasti Kalian akan menuliskan Kopi Tubruk pada Google bukan. Kopi Tubruk itulah yang disebut kata kunci atau keyword.

Apa Manfaat Riset Kata Kunci?

Apa Manfaat Riset Kata Kunci

Dengan meriset kata kunci atau keyword, besar kemungkinan Landing Page Kalian masuk pada halaman pertama Google. Kelebihan masuk posisi pertama Google adalah 30% kemungkinan Kalian bisa mendapatkana kunjungan ke landing page Kalian.

Sedangkan untuk halaman kedua kemungkinan 15% Kalian akan mendapatkan kunjungan dan pada halaman ketiga kemungkinan Kalian akan mendapatkan 10% kunjungan. Pendapat ini berdasarkan Ahref.

Apa Yang Harus Diperhatikan Dalam Meriset Kata Kata Kunci?

Pada dasarnya kata kunci memiliki empat komponen penting yang harus Kalian perhatikan, empat kompenen itu adalah Search Volume atau jumalah pencarian, Keyword Difficulty atau kesulitan persaingan dalam kata kunci, Keyword Suggestion atau saran dari kata kunci utama, dan SERP atau persaingan pada halaman pertama.

Search Volume atau Jumlah Pencarian

Search Volume atau Jumlah Pencarian maksudnya adalah jumlah pencarian dari kata kunci dimesin penacari atau Search Engine. Pada tools yang digunakan untuk meriset kata kunci biasanya akan ada data total pencarian dalam satu bulan terakhir.

Sebagai contoh Kalian mencari kata kunci Kopi Tubruk, tertulis search volume 3.600. Artinya kata kunci Kopi Tubruk dicari di Google sebanyak 3.600 kali dalam satu bulan.

Keyword Difficulty atau Kesulitan Persaingan Kata Kunci

Keyword Difficulty atau Kesulitan Persaingan Kata Kunci merupakan data dari tingkat kesulitan kata kunci pada halaman pencarian mesin pencari atau search engine.

Pada umumnya, angka kesulitan itu disimbolkan dengan angka 1 sampai dengna 100. Semakin tinggi angka yang ditunjukan, maka semakin sulit untuk menduduki posisi pertama dimesin pencari.

Pada kompenen keyword difficulty ini biasanya juga tercantum banyak backlink yang mengarah pada situs teratas. Jadi semakin besar angka yang ditunjukan semakin banyak juga backlink berkualitas yang terkait.

Keyword Suggestion atau Saran Dari Kata Kunci Utama

Keyword Suggestion atau Saran Dari Kata Kunci Utama adalah sebuah kata kunci turunan yang terkait dengan kata kunci utama. Contohnya jika Kalian memilih kata kunci Kopi Tubruk, maka Kalian akan mendapatkan saran Cara Meracik Kopi Yang Benar, Kopi Tumbuk, Resep Kopi Hitam dan lainnya.

Kalian akan disarankan dengan kompetitor yang lebih ringan. Sehingga bisa menjadi alternatif Kalian dalam memilih kata kunci yang bisa membawa landing page Kalian dalam halaman pertama Google.

SERP (Search Engine Result Page) atau Persaingan Pada Halaman Pertama

Pada data SERP ini berisikan halaman-halaman dari sebuah website yang menduduki halaman pertama mesin pencari. Fungsi dari data ini adalah untuk mengetahui kualitas dari halaman dihalaman pertama tersebut.

Bagaimana Cara Meriset Kata kunci?

Banyak tools yang menyediakan layanan riset kata kunci, dari yang berbayar sampai yang gratis. Kalian bisa memilih sesuai dengan budget yang Kalian sediakan.

Tools yang biasa digunakan diantaranya adalah:

Ubersuggest

riset keyword:ubersuggest

Ubersuggest merupakan tools dari persusahaan Neil Patel. Kalian dapat menggunakan tools ini dengan gratis dan berbayar.

Untuk versi gratis tentu terdapat fitur yang terkunci. Pada fitur gratis Kalian hanya bisa meriset sebanyak tiga kali saja. Selain itu, pada fitur gratis Kalian hanya dapat melihat data dari kata kunci utama dan beberapa kata kunci turunan.

Pada Ubersuggest Kalian akan mendapatkan informasi seputar Search Volume, Keyword Difficulty, Keyword Suggest. Data ini bisa Kalian gunakan untuk meriset dan menentukan keyword yang akan Kalian gunakan.

Sebagai contoh Kopi Tubruk, keyword ini memiliki total pencarian 5.500/bulan, dengan kesulitan 51. Keyword yang bisa Kalian gunakan sebagai alternatif lainnya adalah Kopi Tubruk Den Jayeng total pencarian 70/bulan, dengan kesulitan 9.

Google Trends

riset keyword:Google Trends

Google yang dikenal sebagai mesin pencari terbesar ini, juga memiliki fitur untuk meriset kata kunci yaitu Google Trends. Tools Google yang satu ini disediakan secara gratis, jadi Kalian bisa manfaatkan sepenuhnya.

Fitur yang disediakan juga tergolong lengkap, seperti estimasi pencarian yang bisa Kalian atur durasi waktunya, minat dari wilayah-wilayah, topik terkait yang berisi tentang topik dari kata kunci yang terkait, dan kueri terkait yang berisi tentang kata kunci turunan.

Namun sayangnya tidak terdapat tingkat kesulitan atau keyword defficulty, sehingga Kalian harus mengira-ngira dengan mengunjungi kata kunci di mesin pencari Google secara langsung.

SEMrush

riset keyword:SEMrush

Tools yang selanjutnya adalah SEMrush. Tools ini hampir sama dengan Ubersuggest. Terdapat versi gratis dan berbayar. Namun, untuk menggunakan tools ini, Kalian diwajibkan untuk mendaftar terlebih dahulu. Tenang, untuk mendaftarnya gratis.

Fitur gratis yang disediakan oleh SEMrush ini pun terbatas. Kalian hanya dapat meriset kata kunci sebanyak 10 kali dalam satu hari. Dan keyword turunan yang disedikan terbatas.

Google Related Search

riset keyword:Google Related Search

Tanpa Kalian sadari, ketika Kalian mengetikan kata kunci tertentu mungki muncul kata kunci yang disarankan oleh google. Itulah yang dinamakan Google Related Search.

Informasi yang diberikan hanya keyword suggest saja, Namun sangat berguna jika Kalian mencari longtail keyword atau keyword turunan.

sebagai contoh Kami mencari Kopi Tubruk, makan muncul kata kunci kopi tubruk robusta atau arabika, resep kopi tubruk, cara membuat kopi tubruk dan lainnya.

Google Keyword Planner

Riset Keyword:Google Keyword Planner

Tools dari Google yang bisa Kalian gunakan secara gratis selain Google Trends dan Google Reletes Search adalah Google Keyword Planner.

Sebenarnya tools yang satu ini merupakan tools yang digunakan untuk membuat dan meriset kata kunci untuk beriklan di Google atau Google ads.

Namun Kalian bisa manfaatkan untuk meriset kata kunci untuk keperluan Landing Page Kalian. Namun untuk menggunkannya Kalian harus mendaftar di Google Ads. Untuk mendaftarnya Kalian bisa membaca artikel Cara Mendaftar Google Ads dan Menggunakan Google Keyword Planner.

Data yang dapat Kalian gunakan berupa estimasi atau perkiraan jumlah pencarian, persaingan kata kunci dan keyword suggest yang bisa menjadi rujukaan Kalian dalam memilih keyword atau kata kunci.

Sebagai contoh Kami mencari kata kunci Kopi Tubruk, data penelusuran rata-rata perbulan adalah 1.000 sampai dengan 10.000 dengan persaingan sedang. Sedangakn kata kunci turunannya adalah Kopi Tubruk Susu Kental Manis dengan estimasi pencarian 10 sampai dengan 100 dan persanginan rendah.

 

Itulah Pengertian dari Kata Kunci, Manfaat Meriset Kata kunci dan Cara Meriset Kata Kunci. Kalian bisa memilih dengan satu tools atau menggunakan semua tools dan menarik kesimpulan. Semua tergantung dari kreatifitas Kalian.

Artikel ini tentu banyak kekurangannya. Jadi Kalian bisa menambahkannya dikolam komentar atau Kalian juga bisa bertanya pada kolam komentar. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat.

Posting Komentar