Ahli Furniture

Cara Membuat Landing Page di Google Site Dengan Mudah

Cara Membuat Landing Page di Google Site dengan mudah: 1. Masuk Ke Akun Google. 2. Buka Halaman Google Site. 3. Pilih Template Landing Page.
Cara Membuat Landing Page di Google Site Dengan Mudah

Cara membuat Landing Page di Google Site - Pada artikel sebelumnya Kami sudah menjelaskan Cara Membuat Landing Page di Blogspot Gratis. Dan pada pembahasan kali ini Kami akan mengajarkan cara membuat landing page dengan site.

Namun sebelum masuk pada tahap pembuatan, Kami akan menjelaskan sedikit tentang Google Site, kelebihan dan kekurang Google Site.

Tentang Google Site

Google Site atau biasa dikena dengan Google Sites adalah salah satu layanan Google yang memudahkan Kalian dalam membuat sebuah website.

Layanan Google ini gratis sama dengan Blogger, Wix ataupun Wordpress. Jadi jika Kalian low budget, Kalian bisa menggunakan layanan Google yang satu ini sebagai plotform untuk membuat Landing Page Kalian tanpa memikirkan hosting.

Keunggulan Google Site

Produk Google yang satu ini tentu memiliki keunggulan dibadingkan dengan banyak platfrom untuk membuat website lainnya. Diantaranya

Saling Keterkaitan Dengan Google.

Karena ini merupakan produk Google, tentu saja layanan yang satu ini akan terkait dengan akun Google Kalian, bahkan layanan Google ini terkai juga dengan akun Google Bisnis Kalian, jika Kalian menggunakan Google Bisnis atau G-Suite.

Sehingga secara otomatis akan tersimpan dalam penyimpanan Google (Google Drive) dan terkoneksi langsung dengan G-Suite. Jadi Kalian tidak perlu kawatir seandainya Kalian belum membackupnya.

Tampilan Simpel dan Mudah Dipahami.

Pada Google Sites Kalian akan berikan platfrom yang simpel dan mudah dipahami, sehingga Kalian tidak perlu lagi berlajar kode HTML yang rumit.

Terjaga Keamanan Datanya.

Kalian pasti sudah tau tentang keamanan data dari layanan Google bukan, seperti Blogger, Google Drive dan lainnya. Sama seperti layanan Google pada umumnya, Google Sites ini juga aman dari serangan hacker dan orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Kecepatan Website Yang Baik.

Google Sites dijalankan oleh server Google, Jadi Kalian tidak perlu meragukan lagi kecepatan dari website yang dihasilkan oleh platfrom yang satu ini.

Fitur Sharing.

Fitur yang satu ini sangat membantu Kalian dalam menshare landing page Kalian, sehingga Kalian bisa dengan mudah mempromosikan bisnis Kalian nantinya.

Kekurangan Google Sites

Disetiap kelebihannya tentu akan ada kekurangannya. Berikut kekurangan Google Sites dari banyak platfrom pembuatan website:

Tidak Terdapat Fitur Jualan.

Tidak seperti pesaingnya platfrom wordpress, Google Sites tidak dilengkapi dengan fitur untuk berjualan, sehingga Kalian harus mengarahkan pelangga Kalian bertransaksi manual via Whatsapp atau media chat lainnya.

Tidak Terdapat Fitur Script.

Google Sites sangat terjaga dalam segi scriptnya sehingga Kalian tidak dapat membuka body scripnya dan mengeditnya.

Cara Membuat Landing Page di Google Site

Cara Membuat Landing Page Sites Google

Setelah Kalian memahami tentang Google Site, serta kelebihan dan kekuarangnnya. Maka Kami akan memberika cara membuat landing page dengan layanan Google ini.

Seperti yang dijelaskan diatas, salah satu kelebihan Google Site adalah tampilannya yang simpel dan mudah dipahami, jadi Kami rasa Kalian tidak akan menemukan kesulitan nantinya. Untuk menggunakannya adalah sebagi berikut:

Masuk Ke Akun Google.

Seperti pada layanan Google lainnya, Kalian harus menyiapkan Akun Google terlebih dahulu. Jika Kalian tidak mempunyai Akun Google Kalian bisa membaca Perbedaan dan Cara Membuat Akun Gmail Bisnis dan Pribadi. Jika sudah memilikinya Kalian bisa masuk ke Akun Google Kalian.

Buka Halaman Google Site.

Untuk mengakses Google Site Kalian bisa buka halaman sites.google.com/new. Secara otomatis Kalian akan diarahkan pada halaman muka Google Sites. Kalian bisa mengklik Got it atau mengerti.

Pilih Template Landing Page.

Setelah Kalian masuk pada dasbord awal Google Site, Kalian akan dihadapkan pada beberapa templat. Agar Kalian memahami fungsi dari semua yang ada di Google Site Kami akan memilih blank template atau template kosong. Kita akan memodifikasi sesuai kebutuhan Kita.

Mengedit Bagian Header.

Tahapa awal dari pembuatan landing page adalah mengedit bagian header. Pada bagian Header Kalian bisa mengedit 4 bagian header.

  1. Bagian Logo (Enter Site Name): Kalian bisa memasukan nama perusahaan Kalian atau memasukan logo dari perusahaan Kalian.
  2. Bagian Judul (Your Page Title): Kalian bisa masukan nama perusahaan Kalian jika pada bagian logo Kalian masukan logo. Atau Kaian bisa masukan secara garis bersar ini landing page Kalian, jika pada bagian logo Kalian sudah memasukan logo dan nama perusahaan.
  3. Mengganti Header Type: Ini berfungsi untuk menggati jenis dari tipe header landing page Kalian. Terdapat 4 tipe header, yaitu:
    1. Cover: Ukuran header akan terlihat lebih besar. Kelebihan header tipe ini, Kalian bisa memasukan banyak komponen dalam header. Kekuarangannya terlalu terlihat besar.
    2. Large Benner: Hampir sama dengan Cover, namun berukuran sedikit lebih kecil. Kelebihan dan kekurang Kami rasa sama dengan Cover Header.
    3. Banner (Default): Ukuran header lebih kecil dari Large Banner, dan secara default ini yang digunakan Google Site. Kelebihannya ukurannya menurut Kami yang paling proposional, dan kekurangan tidak dapat memasukan banyak kompenen pada header.
    4. Title Only: Ukuran lebih kecil dari Banner dan tidak memiliki Background. Kelebihan simple, kekurangan tidak menarik karena polos tidak ada background.
    Karena menurut Kami tipe yang paling bagus adalah tipe banner, Kita akan memilih Banner Type. Lalu kita akan merubah logo dan nama sitesnya. Cara adalah:
    1. Klik tulisan enter site name, lalu masukan nama perusahaan Kalian.
    2. Lalu klik Add Logo, dan pada tab logo klik upload, lalu pilih logo perusahaan Kalian dan klik open.
    3. Pada Alt Text masukan nama perusahaan Kalian.
    4. Kalian juga bisa mengganti favicon dari web Kalian. Pada tab Favicon klik upload, pilih logo perusahaan dan klik open.
    5. Setelah itu Close (x).
    Setelah itu Kita akan mengganti judul dari landing page Kita. Kita akan memasukan judul secara garis besar. Jadi Kalian klik tulisan your page title, dan masukan judul dari landing page Kalian. Untuk mengatur besar kecil kolom tulisan kalian bisa drag and drop pada titik biru di pojok kolom.
    Pada bagian ini Kalian akan melihat menu dibagian atas. Terdapat 8 sub menu, yaitu:
    1. Styles: Berisi gaya penulisan, yaitu Normal Text, Title (default), Heading, Sub Heading, Small Text. Ini sama dengan paragrap, h1, h2, h3 pada kode HTML. Karena ini berada pada header jadi pilih saja Title.
    2. Theme: Berisi gaya huruf. Kalian bebas memilihnya.
    3. Font Size: Berisi ukuran huruf dan angka. Atur sesuai dengan selera Kalian.
    4. Tanda Karakter: Berisi Bold (Huruf Tebal), Italic (Huruf Miring), Underline (Garis Bawah), Text Color (Warna Text). Kami menyarankan untuk mengti Text Color saja yang lain jangan dirubah.
    5. Insert Link: Ini berfungsi untuk mengaitkan kesitus lain atau halaman lain.
    6. Align: Berisi Align Left (Mengatur Rata Kiri), Align Center (Mengatur Rata Tengah), Align Right (Mengatur Rata Kanan), Justify (Mengatur Rata Kiri dan Kanan). Karena ini bagian header makan biarkan Align Center.
    7. Remove: Untuk menghapus Header.
    8. More: Berisi Line & Pragraph Spacing (Mengatur Spasi Antar Paragrap), Increase Indent (Mengatur Awal Paragrap Masuk Kedalam 1 Space), Decrease Indent (Mengatur Keluar 1 Space), Strikethrough (Membuat Coretan Garis Di Tengah Text), Clear Formating (Menghapus Semua Format).
    Selanjutnya Kita akan menggati background dari header, dengan cara klik change image dibagian bawah.

Mengedit Bagian Bodi

Setelah Kita selesai mengatur bagian header, selanjutnya Kita akan mengatur bagian body. Caranya adalah dengan Kalian klik pada bagian putih dibawah header, lalu pilih item yang terdapat di menu sebelah kiri. Terdapat beberapa bagian menu yang bisa Kalian gunakan.

  1. Text Box: Berfungsi untuk memasukan kolom berisi text Kalian bisa gunakan untuk keterangan, kelebihan dan informasi lainnya tentang bisnis Kalian.
  2. Images: Berfungsi untuk memasukan gambar terkait usaha Kalian.
  3. Embed: Berfungsi untuk memasukan lokasi Google Maps, Youtube dan lainnya yang terkait dengan embed.
  4. Drive: Berfungsi untuk memasukan file tersimpan dalam Google Drive Kalian.
Dan masih banyak lagi menu yang bisa Kalian gunakan. Seperti layout, dan lainnya. Silahkan Kalian berkarya sesuai dengan selera dan kebutuhan Kalian.

Mengedit Bagian Footer

Tahap terakhir adalah dengan membuat footer. Tidak banyak yang harus dibuat dalam footer ini, Kalian hanya cukup mencantumkan copyright dan tahun berdiri perusahaan Kalian sebagai contoh "Copyright © ahli furniture - 2021".

Jika Kalian bingun harus bagaimana membuat tampilan landing page. Kalian bisa membaca artikel 12 Contoh Google Site Untuk Inspirasi Membuat Landing Page

Itulah Cara Membuaat Landing Page di Goole Site dengan mudah. Tentu masih banyak kekurangan dan kelebihan dari artikel ini. Seandainya terdapat pertanyaan maka Kalian bisa tanyakan di kolom komentar. Terima Kasih. 

Posting Komentar