Ahli Furniture

10 Cara Mudah Memulai Bisnis Online Untuk Pemula

10 cara mudah memulai bisnis online untuk pemula: 1. Menganalis Kebutuhan Pasar. 2. Lakukan Riset Pasar. 3. Menganalisa Kompetitor. 4. Cari Ide
Cara Memulai Bisnis Online Untuk Pemula

Cara memulai bisnis online bisa dipelajari dan dipahami oleh siapa saja yang ingin menjadi pelaku bisnis, termasuk Kalian. Walau belum ada jaminan akan sukes dalam berbisnis Online, tetapi dengan memperlajarinya dan memahaminya, besar kemungkinan Kalian bisa Sukses.

Pada artikel kali ini Kami akan memberikan cara memulai bisnis online bagi pemula. Diawali dari menemukan produk yang Kalian bisa jual sampai dengan cara memasarkannya. Simak selengkapnya 10 Cara Mudah Memulai Bisnis Online Untuk Pemula berikut:

Untuk memulai bisnis tidaklah mudah, sama halnya dalam berbisnis online. Namun perlu digaris bawahi, sulit bukanlah tidak mungkin. Kalian bisa berbisnis online dengan sepuluh cara berikut:

Menganalisa Kebutuhan Pasar

Menganalisa Kebutuhan Pasar

Menentukan produk yang akan Kalian jual tentu menjadi hal yang sangat vital dalam berbisnis. Dengan menganalisa apa yang dibutuhkan pasar, tentu Kalian akan memiliki potensi untuk bersaing dan memenangkan persaingan bisnis.

Namun jika Kalian menyediakan produk yang jauh dari kebutuhan pasar, tentu ini akan besar kemungkinan Kalian gagal.

Berdasarkan hasil penelitian CBS Insight, 42% perusahaan bangkrut karena gagal dalam menganalisa kebutuhan pasar. Produk yang mereka jual tidak sesuai dengan keinginan pasar dan tidak menyelesaikan masalah konsumen.

Jadi saat Kalian siap untuk memulai bisnis online, Kalian harus pikirkan "Apakah Produk Kalian Dibutuhkan Pasar? Dan Apakah Produk Kalian Bisa Menyelesaikan Masalah Konsumen?".

Untuk membantu Kalian, Kami berikan beberapa pertanyaan yang harus Kalian jawab untuk produk yang akan Kalian jual.

Apa Masalah Yang Sedang Di Hadapi Konsumen?

Untuk menjawab pertanyaan ini, Kalian harus mencari masalah apa yang sedang dihadapi konsumen Kalian dan mengidentifikasinya.

Dalam kasus ini, Kalian tidak perlu takut kehabisan masalah. Karena ada ribuan masalah yang dihadapi Konsumen. Kalian hanya perlu turun kelapangan untuk observasi dan menemukan sebagian kecil masalah yang banyak dihadapi oleh konsumen Kalian. 

Apakah Ada Peluang Bisnis Dalam Masalah Itu?

Tujuan Kalain adalah berbisnis, jadi pastikan dari masalah konsumen yang Kalian dapat, terdapat pula peluang bisnis yang bisa Kalian ambil.

Karena tidak semua masalah terdapat peluan bisnis, jadi sekaranglah waktunya Kalian menseleksi puluhan atau ratusan masalah yang Kalian dapat.

Coret yang tidak memiliki peluang usaha dan pilih masalah yang memiliki peluang usaha, serta pikirkan produk yang dapat memecahkan masalah itu.

Lakukan Riset Pasar

Riset Pasar

Setelah Kalian mendapatkan masalah dari konsumen Kalian yang memiliki peluang bisnis, sekarang saatnya untuk melakukan Riset Pasar.

Mengapa Riset Pasar Merupakan Bagian Terpenting Dari Bagian Pemasaran? Karena dengan meriset pasar Kalian akan dapat menentukan produk yang tepat dan mendapatkan data seberapa banyak kompetiror Kalian terhadap produk tersebut.

Agar pondasi bisnis Kalian kuat, maka carilah data yang objektif. Jadi Kalian bisa membuat keputusan dari data-data yang objektif, bukan berdasarkan opini Kalian ataupun asumsi Kalian.

Kalian bisa meriset pasar dengan beberapa cara, diantaranya:

Riset Trending di Search Engine

Meriset Trending di Search Engine adalah cara yang paling mudah untuk meriset pasar bisnis Kalian. Kalian bisa mendapatkkan data produk apa yang banyak dicari untuk memecahkan masalah konsumen Kalian.

Selain itu Kalian juga akan mendapatkan data terkait produk dari masalah itu, lokasi yang paling banyak mencari produk itu, samaapai dengan seberapa besar produk itu dicari.

Untuk melakukan riset kata kunci, Kalian bisa menggunakan berbagia macam tools, mulai dari yang gratis seperti Google Trends, sampai yang berbayar seperti Ubersuggest dan Ahrefs, serta tools lainnya.

Untuk mengetahui lebih detail tentang kata kunci Kalian bisa membaca Apakah Yang Dimaksud Dengan Kata Kunci?

Riset Trending di Media Sosial

Selain Kalian meriset trending di search engine seperti Google, Kalian juga bisa meriset di Media Sosial. Karena Media Sosial adalah media yang digunakan oleh banyak orang untuk menuangkan masalah mereka, termasuk pelayanan ataupun kualitas dari sebuah produk.

Kalian akan menemukan banyak postingan dari calon kunsemen Kalian terkait dengan masalah yang mereka hadapi, serta review produk dari kompetiror Kalian.

Bergabung dengan Forum Online atau Forum Offline

Pasti Kalian sering mendengar forum atau group yang membahas sebuah produk tertentu bukan? Seperti Female Daily yang membahas seputar produk skin care. Kalian bisa bergabung disana dan mengambil data sesuai dengan apa yang Kalian butuhkan.

Buatlah Survei Singkat

Langkah yang lainnya yang bisa Kalian gunakan adalah dengan membuat survei singkat. Dengan metode ini juga Kalian bisa meminta kritik dan saran dari calon konsumen Kalian secara langsung.

Namun yang perlu digaris bawahi adalah jangn membuat survei yang terlalu panjang dan ribet, survei yang pajang akan membuat calon pelanggan Kalian jenuh dan malas untuk menjawab pertanyaan Kalian nantinya.

Menganalisa Kompetitor

Menganalisa Kompetitor

Dalam memulai bisnis online, Kalian harus bisa mengalahkan kompetitor Kalian bukan? Namun bagaiman jika Kalian tidak megetahui metode apa yang digunakan kompetitor Kalian? Tentu ini akan sulit.

Jadi pahamilah metode yang digunakan kompetiro Kalian, kelebihan dan kekurangan dari kompetitor serta seberapa banyak kompetitor dari bisnis online Kalian.

Untuk memudahkan Kalian dalam mengenalisa Kompetitor Bisnis Online, berikut langkah-langkah yang bisa Kalian gunakan.

Buatkah Kelompok Kompetitor

Untuk memudahkan dalam menganalisa kompetitor bisnis online, Kita bisa membaginya dengan menjadi tiga kelompok. Yaitu:

  • Kompetitor Primer: Yaitu mereka yang menjual produk yang sama persis dengan produk Kita dan dengan target yang sama atau tidak beda jauh dari target pasar Kita.
  • Kompetitor Sekunder: Yaitu mereka yang menjual produk sama persis dengan produk Kita namun target pasar berbeda dengan target pasar kita.
  • Kompetitor Tersier: Yaitu mereka yang tidak bersaing dengan Kita, namun mereka menghasilkan produk yang sama dengan Kita.

Dengan mengelompokan menjadi beberapa kelompok, Kalian jadi mudah dalam memprioritaskan kompetitor mana yang menjadi pesaing terberat Kalian.

Datangi Website ataupun Landing Page Kompetitor

Setelah Kalian membagi kompetitor menjadi beberapa kelompok, saatnya Kalian fokus pada kompetitor yang menjadi saingan terberat Kallian.

Kalian bisa memulai dengan mengunjungi situs ataupun landing page dari kompetitor utama Kalian. Perhatikan secara detail website Mereka. Keuntungan yang akan Kalian dapat dengan mengunjungi website kompetitor Kalian adalah:

  • Foto produk dan detail produk yang mereka tawarkan termasuk harga dan lainnya.
  • Bentuk dari call to action (CTA) yang biasa dikenal dengan fitur pemesanan di webite mereka.
  • Tampilan dari website mereka.
  • Teknik SEO yang mereka gunakan.
  • Dan lainnya.

Datangi Media Sosial Kompetitor

Selain mendatangi website mereka, Kalian juga bisa mendatangi media Sosial mereka. Dengan mengunjungi sosial media mereka Kalian bisa mendapatkan beberapa data penting untuk bisnis online Kaliang. Seperti:

  • Seberapa banyak follower mereka.
  • Review dari barang mereka.
  • Testimoni para pelanggan mereka.
  • Dan lainnya. 

Cari Ide Untuk Model Bisnis Online

Cari Ide Untuk Model Bisnis Online

Kalian sudah mendapat banyak data, selanjutnya Kalian bisa menentukan ide dan model untuk bisnis online yang akan Kalian jalani.

Carilah ide yang paling disenangi pelanggaan Kalian. Ingat Kalian boleh menjual produk yang sama dengan kompetitor namun Kalian harus punya ide kreatif bagaimana Kalian mengenalkan produk dan menjualnya pada konsumen.

Karena dengan menggunakan ide kreatif, Kalain memiliki ciri khusus yang bisa membedakan produk Kalian dengan kompetitor Kalian.

Tentukan Target Pasar Dari Produk Bisnis Online

Tentukan Target Pasar Dari Produk Bisnis Online

Data-data yang Kalian dapat diatas tadi akan saing berkaitan bahkan pada tahap ini. Karena untuk menentukan target pasar Kita harus mengetahui data dari hasil riset pasar dan banyaknya kompetitor dalam bisnis online Kita.

Kita bisa memulainya dengan target pasar yang lebih spesifik dari kompetitor Kita, dan berusaha menguasai target pasar yang lebih spesifik tersebut. Sehingga Kita bisa berkembang secara bertahap.

Kalian bisa menggunakan strategi marketing dengan metode pengelompokan target pasar. Kalian bisa membaginya menjadi dua bagian. Yaitu

  • Secara Demografi yang mencangkup umur, lokasi, status, pekerjaan, latar belakang, pendapatan, dan lainnya.
  • Secara Psikografi yang mencangkup hobi, ketertarikan, agama dan budaya, dan lainnya.

Kalian bisa mengelompokannya sesuai dengan data yang Kalian dapat diatas. Dan tetapkan mana yang menjadi prioritas Kalian.

Jenis Produk Yang Bisa Di Jual Online

Jenis Produk Yang Bisa Di Jual Online

Setelah meriset pasar, menganalisa kompetitor dan menetukan target pasar, saat kini Kita menentukan produk yang bisa Kita jual secara Online, sesusai dengan tujuan utama Kita yaitu Bisnis Online.

Namun, untuk menentukan produk itu, Kalian harus meriset semua data yang Kalian dapat. Untuk membatu Kalian, berikut jenis produk yang bisa dijual secara online:

  • Produk Fisik: Gadget, Alat Kesehatan, Furniture, Bahan Makanan, dan lainnya.
  • Produk Digital: Akun, Ebook, Software dan lainnya.
  • Produk Jasa: Pemesanan Tiket, Pengiriman Barang, Digital Marketing dan lainnya.

Point pentingnya adalah pastikan Kalian mempunyai Unique Selling Points (UPS) agar Kalian dapat dikenal dengan baik oleh konsumen Kalian nantinya.

Buatlah Website atau Landing Page

Buatlah Website Atau Landing Page

Pasti Kalian akan berfikir, sudah banyak marketplace mengapa harus membuat website? Karena website bukan hanya untuk berjualan saja. Website juga berguna sebagai brand dari usaha Kalian.

Dari data Verisign terdapat 56% konstumer tidak mempercayai bisnis online yang tidak memiliki website. Jadi menurut Kami sebuah website masih sangat penting untuk sebuah bisnis online.

Dengan website juga Kalian bisa mengoptimasinya dimesin pencari google dan untuk berjualan di Instagram Kalian juga masih membutuhkan website sebagai tempat Kalian berjualan online.

Jika Kalian ingin membuat Landing Page Kalian bisa membaca artikel Cara Membuat Landing Page di Blogspot. Atau Kalian juga bisa membaca Cara Membuat Landing Page DI Google Site Dengan Mudah.  

Gunakan Strategi Pemasaran Yang Tepat

Gunakan Strategi Pemasaran Yang Tepat

Sekarang saatnya memasarkan bisnis online Kita. Namun untuk memasarkannya tidak boleh asal-asalan, karena jika Kita memasarkannya asal-asalan bukan tidak mungkin hal yang Kita kerjakan menjadi sia-sia.

Beberapa tahapaan yang bisa Kalian gunakan untuk memasarkan bisnis online Kalian adalah:

Menggunakan Google My Business

Sebaiknya hal yang pertama kali Kalian lakukan adalah mendaftarkan bisnis Kalian di Google my Business. Karena dengan mendaftarkan bisnis Kalian di Google Bisnisku calon konsumen bisa mendapatkan data bisnis Kalian dengan mudah.

Seperti data nama bisnis, alamat di google map, nomor telpon, jam operasional, website perusahaan dan lainnya. Bahkan pelanggan bisa memberikan reviewnya di google bisnisku ini.

Optimasi di Mesin Pencari (SEO)

Agar bisnis online Kita mudah ditemukan maka Kita harus mengoptimasikannya di mesin pencari seperti Google dan lainnya.

Kalian harus bersaing dengan jutaan website untuk medapatkan peringkat pertama di Google. Maka Kalian harus sedikit serius dalam tahap optimasi ini.

Optimasi Media Sosial

Selain Kalian harus optimasi di mesin pencari, Kalian juga harus mengoptimasikannya di media sosial. Sebenarnya ini saling keterkaitan dengan optimasi mesin pencari, jadi Kalian tidak dapat memisahkan tahap ini dengan tahap SEO.

Pertahankan Terus Pelanggan Yang Sudah Ada

Pertahankan Terus Pelanggan Yang Sudah Ada

Selain Kalian harus mencari pelanggan baru, tentu Kalian tidak bisa melepas pelanggan yang sudah ada. Karena dengan mempertahankan pelanggan yang sudah ada, bisnis online Kalian bisa tetap jalan.

Berikan berbagai tawaran-tawaran yang dapat membuat pelanggan yang sudah ada bertahan dan terus berlangganan dengan Kalian.

Berikan Pelayanan Ekstra Yang Menarik

Berikan Pelayanan Ekstra Yang Menarik

Kalian bisa memberikan palayanan ekstra yang tidak diberikan oleh kompetitor Kalian. Misalnya gratis ongkos kirim, diskon untuk pembelian tertentu dan lainnya yang dapat menarik pelanggan baru untuk membeli produk Kalian.

 

Itulah 10 Cara Untuk Memulai Bisnis Online Bagi Pemula. Keberhasilan ini tergantung dari seberapa keras Kalian berusaha. Semoga berhasil.

Posting Komentar