Ahli Furniture

Cara Mendaftarkan Web Landing Page ke Google Search Consule

Cara Mendaftarkan Web Landing Page ke Google Search Consule agar bisa ditemukan melalui Google Engine Search sangat mudah dan simpel.

Cara Mendaftarkan Web Ke Google

Cara mendaftarkan web ke Google tidaklah sulit, Kalian hanya perlu masuk ke GoogleCara Mendaftarkan Web Ke Google Search Consule atau yang dikenal dengan Google Webmaster. Tools Google yang satu ini diberikan secara gratis.

Sebelum Kita membas caranya Kami akan menjelaskan terlebih dahulu tentang Google Search Consule atau Google Webmaster ini.

Apa itu Google Webmaster atau Google Search Consule?

Google Search Consule atau dahulu dikenal dengan Google Webmaster adalah sebuah layanan gratis dari Google untuk para pemiliki website. Tools ini digunakan untuk mendaftarkan website dan memonitor kinerja dari website.

Denga tools ini Kalian bisa melihat kinerja dari website Kalian, melihat backlink ke website Kalian, kinerja website Kalian di Perangkat desktop atau mobile, bahkan jumlah trafik dari halaman website Kalian.

Manfaat Yang Diberikan Oleh Google Search Consule?

Manfaat yang diberikan tidak hanya memasukan website landing page Kalian ke Google Search Engine, Tetapi Kalian bisa mengoptimasikan juga halaman-halaman dari website landing page Kalian. Sehingga akan meningkatkan pengunjung ke Website Kalian. Berikut maanfaat lain dari Google Search Consule:

Mendapatkan Keyword Yang Cocok dan Populer untuk Bisnis Kalian

Untuk menemukan website landing page Kalian, tentu pengunjung akan megetikan kata kunci yang beraneka ragam. Dalam Google Search Consule ini, kata kunci atau kueri akan dikelompokan sehingga Kalian akan tau pengunjung sering mengunjungi situs Kalian dengan kata kunci apa.

Dengan begitu Kalian bisa menggunakan informasi ini untuk mengoptimasi kata kunci mana yang efektif untuk bisnis Kalian dan kata kunci mana yang tidak efektif. Sehingga Kalian tidak akan membuang waktu dengan SEO yang tidak efektif.

Melihat Halaman Yang Paling Relevan dan Populer

Walau Kalian hanya membuat landing page, pasti akan banyak informasi seputar bisnis Kalian bukan? Dalam Google Webmaster ini, Kalian akan dibantu mengenali halaman yang sering dicari dan dikunjungi.

Kalian hanya perlu mengelompokan halaman sesuai dengan tampilan (Impression) atau rata-rata klik (Click Through Rate (CTR)). Sehingga Kalian bisa membuat halaman dengan kata kunci turunannya.

Melihat Sumber Pengenjung

Dengan Google Search Consule atau Google Webmaster ini, Kalian akan bisa menemukan sumber dari pengunjung Kalian dan daerah secara demografi. Sehingga Kalian akan tau daerah mana yang prospek untuk bisnis Kalian, dan menjangkau pasaran itu dengan menggunakan iklan atau sosial media.

Mengetahui Perangkat Yang Digunakan Pengunjung

Masih tentang data pengungjung Kalian. Dengan tools Google ini Kalian akan mengetahui jenis perangkat yang sering digunakan oleh pengunjung Kalian, apakah dengan desktop atau dengan mobile. Sehingga Kalian bisa mengoptimasikan tampilan landing page.

Mengetahui Kompatibilitas Website di Perangkat Mobile

Di jaman yang serba smartphone tentu ini mengharuskan Kalian membuat landing page yang kompatibel dengan gadget itu.

JIka Kalian membukanya sendiri, ini akan memberi penilaian yang subjektif dari penilaian Kalian sendiri juga. Namun dengan Google Search Consule ini. Kalian bisa memerikasanya secara penilaian keseluruhan.

Layanan Mobile Usability ini yang akan membantu Kalian menilai landing page Kalian layak atau tidak diperangkat mobile. Dan pada fitur ini pula Kalian akan mendapatkan rekomendasi dari Google terkait dengan situs Kalian untuk perangkat mobile.

Memeriksa Broken Link

Selain Kalian mengetahui link terkait atau backlink, Kalian juga akan mengetahui link rusak atau broken link dari website landing page Kalian.

Ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas dari website Kalian. Jadi pengunjung tidak akan menemukan halaman yang kosong.

Mengetahui Masalah Keamana Website

Keamanan sebuah website tentu menjadi hal yang penting untuk pemilik website landing page itu sendiri. Karena Kalian tentu menginginkan website yang menjadi tempat jualan Kalian aman dari hack, pencurian data dan masalah-masalah lainnya.

Pada layanan Google yang satu ini, Kalian akan mendapatkan bantuan untuk mendeteksi masalah-masalah itu. Dengan mengetahui lebih awal masalh itu, Kalian bisa menanggulanginya secara cepat dan tepat. Sehingga tidak berdampak buruk bagi website Kalian.

Memasukan Sitemap atau Submit Sitemap

Agar landing page Kalian diindex dengan sempurna, tentu Kalian harus memberikan sitemap dari website Kalian, sehingga robot google tidak perlu meng-crawl atau merayapi halaman yang tidak perlu.

Cara Mendaftarkan Web di Google Search Consule

Cara Mendaftarkan Web ke Google Search Consule

Setelah Kalian mengetahui tentang Google Search Consule dan Manfaat-Manfaatnya, selanjutnya Kita akan mendaftarkan Web landing Page Kita di Goole Search Consule.

Sebelum mndaftarkannya Kalian harus membuat Akun Google. Jika belum Kalian bisa membaca Perbedaan dan Cara Membuat Akun Gmail Bisnis dan Pribadi.

Dan Kalian juga harus sudah memiliki Web Landing Page yang akan didaftarkan. Jika belum Kalian bisa membaca Cara Membuat Landing Page di Blogspot Gratis.

Setelah semua sudah siap saatnya Kita mendaftarkan Web Landing Page Kita ke Google Search Consule. Tahapannya sebagai berikut:

  • Buka halaman Google Search Consule dengan url https://search.google.com/.
  • Setelah terbuka, Kalian klik Mulai Sekarang.
  • Setelah itu Kalian akan diminta untuk Log In ke akun Gmail Kalian. Masukan alamat email Kalian lalu klik Berikutnya, lalu masukan password Kalian dan klik Berikutnya.
  • Kalian akan diminta untuk memilih jenis properti dari website Kalian. Jika Kalian menggunakan Top Level Domain (TLD), Kalian bisa memilih Domain baru, namun jika Kalian menggunakan subdomain Kalian harus memilih Awalan URL.
  • Kami anggap Kalian menggunakan Domain Baru. Jadi pilih domain baru dan masukna domain dengan format www.domain.tld. Domain isi dengan nama domain Kalian dan TLD isi dengan Top Level Domain.
  • Setelah itu Kalian akan diberikan kode yang harus dimasukan dalam pengaturan DNS dari Domain Kalian.
  • Kalian buka halaman penyedia layanan domain dan tambahkan DNS, lalu pilih type DNS text dan masukan kode link yang diberikan Google Search Consule. Lalu klik save.
  • Setelah itu kembali kehalaman Google Search Consule dan klik Verifikasi.
  • Maka Website Kalian sudah masuk dalam Google Search Consule. Perlu beberapa hari untuk Google mengambil data web Kalian. Sambil menunggu Kalian bisa menulis artikel untuk optimasi landing page Kalian.
  • Selanjutnya Kalian harus memasukan sitemap. Buka menu sitemap atau peta situs.
  • Pada kolam peta situs tambahkan peta situs:
    • https://www.domain.tld/sitemap.xml
    • https://www.domain.tld/feeds/posts/default
    • https://www.yannili.com/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=100
  • Untuk domain ganti dengan domain Kalian dan TLD ganti dengan Top Level Domain. Sedangkan untuk sitemap yang terakhir ditambahkan secara berkala. Jika halaman sudah melebihi 100 Kalian buat lagi dengan mengganti start-index=101&max-results=200. Begitu seterusnya.
  • Setelah itu Kalian masukan URL dengan cara Klik menu Submit URL, dan masukan URL lengkap di kolom yang paling atas, lalu tekan enter.
  • Setelah muncul keterang dari URL, Kalian klik Uji URL Aktif.

Itulah Cara Mendaftarkan Web ke Google, dengan menambahkan web landing page Kalian semua manfaat dari Google Search Consule bisa Kalian dapatkan atau gunakan. Jika terdapat pertanyaan silahkan tulis dikolam komentar. Selamat Mencoba.

Posting Komentar