Ahli Furniture

Mengapa Riset Pasar Merupakan Bagian Terpenting Dari Bagian Pemasaran?

Mengapa Riset Pasar Merupakan Bagian Terpenting dari Bagian Pemasaran? Mungkin sering menjadi pertanyaan bagi Kalian yang baru memulai bisnis online.
Riset Pasar: Mengapa Riset Pasar Merupakan Bagian Terpenting Dari Bagian Pemasaran?

Mengapa Riset Pasar Merupakan Bagian Terpenting dari Bagian Pemasaran? Mungkin sering menjadi pertanyaan bagi Kalian yang baru memulai berbisnis. Padahal riset pasar termasuk hal yang sangat penting untuk membangun pondasi binsi Kalian.

Pada artikel ini Kami akan menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait dengan riset pasar. Agar Kalian mengerti tentang riset pasar dan bisa melakukannya. Berikut Artikel lengkapnya: 

Apa Itu Riset Pasar?

Apa Itu Riset Pasar?

Pertanyaan pertama yang sering ditanyakan adalah Apa itu Riset Pasar? Riset Pasar adalah sebuah tindakan yang dilakukan untuk mengumpulkan data yang terhubung dengan target pasar dan menganalisanya.

Yang dimaksud dengan target pasar disini adalah orang-orang atau konsumen yang menjadi target penjualan produk Kalian.

Apa Pentingnya Riset Pasar?

Apa Pentingnya Riset Pasar?

Setiap pelaku bisnis harus mengetahui apa yang dibutuhkan konsumennya. Jadi, saat Kalian membuat atau menciptakan sebuah produk, Kalian bisa menargetkan penjualan pada konsumen yang tepat.

Selain itu, Kalian juga harus memahami alasan mengapa konsumen Kalian harus membeli produk Kalian, agar produk Kalian dapat meningkatkan kualitas produk dan meningkatkan penjualan.

Berapa Lama Proses Riset Pasar?

Berapa Lama Proses Riset Pasar?

Untuk meriset pasar sendiri memerlukan proses yang begitu pajang. Mulai dari mencari tau siapa target pelanggan Kalian, Produk apa yang diinginkan pelanggan, bahkan Kalian harus mencari tau faktor seperti apa yang mempengaruhi konsumen untuk membeli.

Jadi bisa dikatakan, riset pasar ini adalah sebuah investasi jangka panjang. Semua tenaga dan biaya yang Kalian gunakan nantinya akan membantu Kalian daalam mengembangkan usaha.

Kerena, data yang Kalian dapat tentang target pasar dan perilaku konsumen Kalian, akan digunakan untuk menyediakan produk yang benar-benar dibutuhkan konsumen Kalian.

Apa saja Jenis Riset Pasar?

Apa saja Jenis Riset Pasar?

Sebenarnya banyak sekali jenis riset pasar. Namun Kami akan membaginya menjadi dua saja, agar Kalian tidak bingung dalam penerapannya.

Riset In-House atau Riset Primer

Pada riset primer ini berfokus pada informasi langsung dari konsumen. Ini sangat penting, karena data yang dihasilkan langsung dari pengguna produk Kalian. Biasanya data yang dihasilkan berupa kritik dan saran agar produk Kalian sesuai dengan kebutuhaan konsumen.

Kalian harus mempersiapkan riset ini dengan matang. Mulai dari menentukan calon konsumen yang akan menjadi sumber data untuk mewakili pelanggan lainnya.

Baiknya, riset ini dilakukan secara langsung atau tatap muka, agar hubungan Kalian dan pelanggan terjalin dengan baik. Namun jika tidak memungkinkan, Kalian bisa menggunakan formulir yang dikirimkan secara online atau media chat.

Berdasarkan jenis informasinya, riset primer ini dibagi menjadi dua jenis. Yaitu Riset Kuaantitatif dan Riset Kualitatif. Riset Kuantitatif adalah riset pasar dengan data yang dihasilkan berupa angka.

Pada riset kuantitatif biasanya berisi tentang trend produk, jenis produk, harga produk, desai produk dan ukuran dari produk.

Untuk contohnya, semisal Kalian berbisnis di Kacamata, Kalian bisa melakukan riset tetang model yang banyak disukai konsumen. Kalian bisa bertanya kepada konsumen model kacamata yang menjadi favorit secara umum. Maka Kalian bisa menyediakan lebih banyak stok dari model kacamata tersebut.

Sedangkaan untuk Riset Kualitatif adalah riset yang terfokus pada informasi yang lebih terperinci dari konsumen Kalian. Biasanya informasi yang dihasilkan berupa opini, alasan pembelian atau review dari konsumen Kalian.

Untuk contohnya, produk Kalian sudah baik namun harganya lebih mahal dari kompetitor Kalian, sehingga Kalian bisa merencakan memperkecil keuntungan dan mengurangi harganya.

Atau semisal produk Kalian sudah tidak trend atau ketinggalan jaman, Kalian bisa memikirkan desai yang sesuai dengan trends sekarang.

Agar riset kualitatif ini benar-benar membantu Kalian dalam menganalisa hsail riset, Kalian perlu menyertakan pertanyaan yang lebih spesifikasi lagi seperti usia, gaya hidup, pekerjaan dan pengalaman dalam menggunakan produk lain.

Riset Derivatif atau Riset Sekunder

Riset Sekunder ini berbeda dengan riset primer tadi. Riset ini menggunakan pihak lain untuk mendapatkan data. Mungkin kualitas datanya tidak sesuai dengan kebutuhan Kalian, tetapi riset ini lebih efesian dari riset lainnya.

Riset sekunder ini biasanya di ambil dari forum-forum, data trending, hingga statistik pasar. Data ini biasanya juga bersumber dari media sosial, lembaga lembaga pemerintahan dan pendidikan, bahkan banyak yang mengambil dari data pesaing.

Untuk contohnya, Kalian mendatangi website pesaing Kalian. Kalian akan mendapatankan barang-barang yang trending, kata kunci yang dikuasai dan lainnya. Namun, Kalian harus tetap mencocokan dengan data riset primer Kalian.

Apakah Riset Pasar di Media Sosial Masih Efektif?

Apakah Riset Pasar di Media Sosial Masih Efektif?

Tentu jawaban Kami adalah sangat efektif. Karena pengguna media sosial terus meningkat, bahkan bisa diperkirakan nanti ditahun 2025 bisa mencapai 4,4 miliar.

Media sosial juga masih digunakan konsumen untuk mencari detail produk dan reverensi produk. Sehingga tidak sedikit pula terjadi transaksi di media sosial ini.

Mengapa Riset Pasar Merupakan Bagian Terpenting Dari Bagian Pemasaran?

Mengapa Riset Pasar Merupakan Bagian Terpenting Dari Bagian Pemasaran?

Tentu jawabannya sudah Kami berikan diatas tadi. Yaitu karena dengan riset pasar Kalian bisa mendapatkan target konsumen yang pas, Kalian juga bisa mendapatkan data untuk mengembangkan produk Kalian, dan Kalian juga bisa mendapatkan data keunggulan pesaing

Bagaimana Tips Untuk Riset Pasar?

Bagaimana Tips Untuk Riset Pasar?

Untuk pertanyaan ini, Kami memberikan 3 tips yang dapat digunakan untuk meriset pasar. Agar Kalian bisa meriset pasar dengan baik. Tipsnya adalah

Fokus Pada Tujuan Kalian

Agar Kalian tidak menjadi bingun dan melebar kearah yang tidak jelas, maka Kalian harus benar-benar fokus pada satu tujuan Kalian dalam meriset.

Untuk contohnya, Kalian mencari model kacamata yang terfavorit. Maka Kalian cukup mencari tentang model kacamata saja. Setelah Kalian dapat, buatlah peringkat dari yang terfavorit hingga yang tidak diminati. Tidak perlu mencari tentang warna, harga dan lainnya. 

Kreatif dan Inovatif Dalam Meriset Pasar

Sangat penting untuk menciptakan inovasi dalam mencari dan mendapatkan informasi dari pelanggan Kalian. Misalnya Kalian menggunkan riset primer saja, maka sebisa mungkin gunakan komunikasi yang bebeda dari kompetitor Kalian, buat semenarik mungkin.

Atau Kalian hanya mencari data dengan riset sekunder saja, maka Kalian harus benar-benar teliti, memilih sumber-sumber informasi dan kejelian dalam membaca data dari sumber-sumber tersebut.

Jadi apapun cara Kalian meriset pasar, pastikan Kalian tetap kreatif dan inovatif dalam mencari data sesuai dengan kebutuhan Kalian.

Gunakan Data Informasi Yang Terbaik Dari Yang Baik

Dengan melakukan riset pasar, tentu Kalian akan mendapatkan banyak sekali data ataupun informasi. Namun, tidak semua data tersebut sesuai dengan data yang digunakan untuk pengembangan produk Kalian.

Hal ini sering terjadi, terutama ketika Kalian menggunakan metode riset primer, Kalian akan mendapatkan data yang subjektif. Jadi Kalian tidak bisa menggunakannya untuk pengembangan produk, karena pengembangan produk merupakan kebutuhan pengguna secara umum.

 

Itulah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh terkait tentang Riset Pasar. Sebenarnya masih banyak lagi pertanyaan yang belum bisa Kami jawab. Kami akan berusaha menjawabnya pada artikel selanjutnya. Jika masih ada pertanyaan, Kalian bisa tulis dalam kolom komentar.

Terima Kasih, dan Selamat Berbisnis.

1 komentar

  1. Benar,, penting sekali untuk meriset pasar.. sukses selalu...