Ahli Furniture

Perbedaan dan Cara Membuat Akun Gmail Bisnis dan Pribadi

Perbedaan Akun Gmail Bisnis dan Pribadi terdapat pada fiturnya. Untuk Gmail Bisnis atau Suite Gmail dikelola oleh organisasi atau perusahaan,
Perbedaan Akun Gmail Bisnis dan Pribadi

Perbedaan Akun Gmail Bisnis dan Pribadi - Gmail merupakan salah satu layanan yang diberikan oleh perusahaan Google untuk mengelola email. Layanan ini diberikan gratis.

Bagi Kalian yang ingin menggunakan layanan Google seperti Blogger, Google Ads, Sites Google dan lainya, Kalian wajib memiliki akun Gmail ini.

Terdapat dua jenis akun Gmail yang ditawarkan oleh pihak Google. Yaitu Gmail Pribadi atau Personal Gmail dan Gmail Bisnis atau G-Suite. Untuk mengetahui perbedaannya simak penjelasan berikut:

Gmail Pribadi atau Personal Gmail.

Apa itu Gmail Pribadi atau Personal Gmail.

Gmail Pribadi atau yang biasa dikenal dengan Personal Gmail, merupakan akun yang diberikan oleh Google untuk pengguna layanan email dan diperuntukan untuk diri sendiri atau personal.

Dengan akun ini, pengguna sudah dapat mengakses berbagai layanan Google seperti Blogger, My Activity, Hangouts dan lainnya. Kalian akan mendapatkan akhiran @gmail secara otomatis pada akun Gmail Kalian.

Cara Membuat Gmail Pribadi atau Personal Gmail.

Untuk membuat akun Gmail ini sangat mudah, dan yang pasti Gratis. Berikut tahapan dalam membuat email dari Goole Mail atau Gmail.

  1. Buka halaman https://www.google.com/intl/id/gmail/about/ atau bisa dengan alamat https://www.gmail.com.
  2. Pilih Buat akun.
  3. Kalian akan diarahkan pada jendela baru Buat Akun. Masukan data Kalian sesuai dengan kolom yang tersedia.
    1. Nama Depan: Sesuai dengan nama depan Kalian.
    2. Nama Belakang: Sesuai dengan nama belakang Kalian, jika tidak ada samakan saja dengan nama depan.
    3. Alamat Email yang diinginkan: Isikan dengan yang Kalian inginkan, jika sudah ada tambahkan no unik
    4. Sandi: Masukan sandi yang ingin Kalian gunakan, pastikan sandi mudah diingat Kalian dan sulit ditebak orang
    5. Konfirmasi: Ulangi lagi sandi Kalian di kolom ini.
    6. Jika sudah terisi semua, klik Berikutnya.
  4. Selanjutnya Kalian akan diarahkan pada jendela baru Selamat Datang di Google. Masukan data Kalian sesuai Kolam yang tersedia.
    1. Nomer Telpon:  Pastikan Negara yang Kalian pilih benar, lalu masukan nomor tanpa angka 0 didepan.
    2. Alamat Email Pemulih: Jika Kalian sudah mempunya email sebelumnya, Kalian bisa masukan dikolom ini.
    3. Tanggal, Bulan, Tahun Lahir: Kalian masukan saja tangga, bulan dan tahun lahir Kalian.
    4. Gender: Pilih Gender sesuai dengan jenis kelamin Kalian.
    5. Jika sudah terisi semua, klik Berikutnya.
  5. Kalian akan diarahkan pada jendela kebijakan Google, jika setuju Klik Setuju atau Lanjutkan. Jika tidak maka Klik Batal.

Bagaimana? Sangat mudah bukan, dan yang terpenting Gratis, Setelah ini Kalaan dapat membuat Landing Page, untuk lebih jelasnya bisa baca artikel "Cara Membuat Landing Page di Blogspot Gratis".

Akun Gmail Bisnis atau G-Suite

Apa itu Gmail Bisnis atau G-Suite

Google Mail Bisnis atau biasa dikenal dengan G-Suite merupakan salah satu layanan dari Google yang dibuat untuk memudahkan para pelaku bisnis dalam mengelola bisnisnya.

Fasilitas yang diberikan oleh Google dalam G-Suite ini bukan hanya dalam hal mengelola email, tapi Kalian akan mendapatkan Meet (Konferensi video dan suara), chat (kirim pesan dengan tim), Kalender, Drive (penyimpanan tidak terbatas), Sites dan banyak lagi.

Namun semua itu tidak gratis. Google mengharuskan Kalian membayar USD 25 per bulan untuk paket Enterprise, USD 9.6 per bulan untuk paket Bisnis, dan USD 4.20 untuk paket Basic.

Cara Membuat Gmail Bisnis atau G-Suite

Jika Kalian tertarik, Kalian bisa mendaftarnya langsung di Website Google Workspace, dengan alamat https://www.workspace.google.com.

  1. Setelah itu Kalian bisa klik Start Free Trial, untuk mendaftar dan mencoba fasilatas dari G-Suite secara gratis selama 7 hari.
  2. Lalu Kalian akan diarahkan kepada halaman Get Started, dan diminta untuk mengisi data berupa Nama Perusahaan, Jumlah Karyawan yang terhitung dengan Kalian, lalu negara. Jika sudah klik next.
  3. Setalah itu Kalian akan dibawa pada halaman kontak. Isikan dengan data Admin dari Google Workspace Kalian. Data yang diminta berupa nama depan admin, nama belakang admin dan email aktif sekarang. Jika sudah terisi semua lalu klik next.
  4. Setalah itu Kalian akan ditanya "apakah sudah memiliki domain untuk bisnis Anda?" jika sudah Kalian akan diminta memasukan domain dan menjadikan domain sebagai akhiran alamat email Kalian. Namun jika belum Kalian akan diminta untuk membelinya.
  5. Setelah itu Google akan menawarkan email berisi informasi yang baik untuk bisnis Kalian, juga penawaran khusus dari Google dan juga info tentang fitur.
  6. Setelah itu Google juga akan menawarkan email serupa untuk dikirim keanggota bisnis Kalian.
  7. Setelah itu Google akan meminta Kalian untuk mengisi id dari email admin dan juga paswornya. Jika sudah terisi, Kalian bisa mengklik setuju dan lanjutkan.
  8. Dan selamat email bisnis G-Suite telah berhasil dibuat. Kalia bisa lanjut kepengaturan email.
  9. Kalian akan diminta untuk menghubungkan G-Suite dengan dengan domain dengan cara membuat DNS baru pada layanan domain Kalian.
  10. Kalian juga bisa menambah sampai dengan 5 Anggota dalam G-Suite Kalian. Jika Kalian mempunyai lebih dari 5 Anggota maka Kalian harus membayar layanan ini untuk membuka limitnya. 

Bagaimana sangat mudah bukan? Dalam pembuatannya tidaklah sulit, dan Kalian bisa mengatur bisnis Kalian mulai dari email, jadwal dan lainnya dalam satu platfrom. Sangat mudah dan bermanfaat bukan.

Selanjutnya Kalian membuat landing page di Blogger dengan akun Gmail Pribadi atau Private Gmail Kalian. Untuk membuat Landing Page di Blogger Kalian bisa membaca Cara Membuat Landing Page di Blogspot Gratis.

 

Itulah Perbedaan dari Gmail Pribadi atau Private Gmail dan Gmail Bisnis atau G-Suite, serta cara membuatnya. Jika ada pertanyaan silahkan ajukan di kolam komentar dan selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Posting Komentar